Kemacetan di Jakarta

Topik macet sepertinya jadi hal yg biasa dan rutin ditelinga masyarakat di ibu kota Jakarta ini. Mungkin hampir tiap hari apalagi nih sekitar jam-jam kantor. Kondisinya selalu saja kondisi macet parah banget deh. Kalau dari yg sering kita lihat baca mengatakan banyaknya mobil sekarang ini memang sih sudah melebihi daya tampung dari ruas jalan. Kayaknya tidak juga kendaraan mobil tapi sekarang jumlah sepeda motor yang juga udah sangat banyak banget sih. Ini akhirnya yg buat jalan jadinya rumit. Mau apa coba kita yg sekarang tinggal di Jakarta kondisi tiap harinya kayak gini.

Pas lagi datang ujan deras pasti itu ampir deh semua saluran air yang mampat atau kali pasti jadi meluap banjir semrawut. Dipikir sih sebenarnya memang karena masyarakat kota sendiri deh yg buang segala macam sampah sembarangan saja. Budaya ini kayaknya ga bisa untuk dirubah lagi deh. Terutama pas lagi curah air dari beberapa kali dari sekitar Jakarta. Sebabnya sih karena tidak ada pengelolaan serapan terutama pada bagian hulu dari sungai yg memang tidak benar. Ini juga akibat limbah yg memang macet di jalur pengairan jadi parah.

Terus kita mencoba pikir-pikir lagi mau gimana coba solusinya? Yah cuma sekedar artikel pembahasan saja sih. Untuk solusi nya sih kita kayaknya masih hanya bisa pasrah dan bersabar gitu deh. Dulu banget sih beberapa rencana untuk pidahkan ibukota tapi kayanya sih ini tidak jadi. Yah karena tidak bakalan lah segampang itu seperti yg dipikir orang. Kemarin baru-baru ini dgn cara menaikkan down payment dari kredit motor dan mobil. Dengan tujuan ingin coba untuk membeli mobil. Dahulu kan cuma dengan down payment sekedarnya lah kita sudah bisa membawa pulang mobil motor baru. Sekarang ini sih udah tidak mudah lagi lah. Beberapa tahun lalu Pemerintah DKI sudah coba membuat terobosan dan solusi yang bagus seperti contohnya membangun dan menyediakan untuk busway. Yang udah dilaksanakan dan betul dampak positif dirasakan oleh sebagian besar pengguna dan masyarakat di Jakarta.

0 komentar:

Posting Komentar